MANAGEMENT
PEMASARAN
Dosen
Pembina : Bayu Pramutoko,SE,MM
I.
Pendahuluan
Pada
dasarnya manusia sebagai konsumen membeli barang dan jasa adalah untuk
memuaskan keinginan dan kebutuhan hidup. Hal ini berarti konsumen tidak hanya
membeli produk atau barangnya saja, akan tetapi yang dibeli adalah manfaat atau
kegunaan dari produk tersebut. Keinginan dan kebutuhan manusia itu sifatnya
tidak terbatas, tetapi sumber daya yang dimiliki terbatas. Oleh karena itu demi
mendapatkan suatu barang untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan tersebut maka
seseorang akan rela menukarkan atau mengorbankan benda atau barang yang
dimiliki, seperti uang atau benda-benda lainnya.
Terdapat
suatu perbedaan yang mendasar antara keinginan dan kebutuhan hidup manusia.
Keinginan merupakan kebutuhan manusia yang dibentuk oleh budaya dan kepribadian
seseorang. Sedangkan kebutuhan itu bersifat naluri yaitu pernyataan dari
perasaan kekurangan akan sesuatu hal, misalnya orang yang merasa lapar akan
mencari barang yang dapat dimakan.
Hal
itu sesuai dengan pendapat dari Kotler dan Amstrong (2001). Ada beberapa macam
faktor yang mempengaruhi mengapa seseorang membeli suatu produk tertentu untuk
memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Selain jenis produk, faktor ekonomi,
faktor psikologis, faktor sosiologis dan antropologis atau kebudayaan juga
menentukan perilaku pembelian seseorang.
No comments:
Post a Comment