E.
TUJUAN SISTEM PEMASARAN
Suatu
sistem pemasaran terdiri dari berbagai subsistem pemasaran yang saling terkait
dan berhubungan satu sama lainnya secara terorganisir untuk mencapai tujuan
tertentu. Sistem pemasaran melihatkan berbagai subsistem baik internal maupun
eksternal terkait seperti penjual, pembeli, barang/jasa, pemasok, publik,
pemerintah, sistem perekonomian, politik, budaya, dan faktor lain-lain yang
saling terkait dan memberikan pengaruh terhadap hubungan organisasi dengan
pasarnya. Kegiatan-kegiatan pemasaran menimbulkan berbagai pengaruh terhadap
masyarakat, oleh karenanya tujuan sistem pemasaran yang dikemukakan Juga
cenderung berbeda-beda seperti diuraikan berikut ini:
1.
Memaksimumkan Konsumsi
Anggapan
dasar dan tujuan memaksimumkan konsumsi mi adalah bahwa semakin banyak konsumen
membeli dan memakai suatu produk akan lebih baik karena konsumsi yang maksimum
pada akhirnya akan menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kesejahteraan
masyarakat secara umum.
2.
Memaksimumkan Kepuasan Konsumen
Kepuasan
adalah tingkat proses seseorang setelah membandingkan kinerja (hasil) yang dia
rasakan dengan harapannya. Pada umumnya kalau kinerja/ hasil dibawah harapan
konsumen akan kecewa atau merasa tidak puas. Kalau kinerja/hasil sama dengan
apa yang diharapkannya konsumen puas, dan kalau di atas harapannya maka
konsumen akan merasa sangat puas. Ada beberapa cara mengukur dan mengamati
tingkat kepuasan konsumen/pelanggan yaitu :
a.
Sistem Keluhan dan Saran
Misalnya
dengan cara menyediakan formulir dan kotak saran di tempat-tempat tertentu yang
mudah dilihat oleh konsumen. Diharapkan saran dan kritik dan konsumen tersebut
dapat mengevaluasi memperbaiki kinerja organisasi di masa mendatang. Kelebihan
sistem ini adalah murah dan mudah untuk diterapkan. Kekurangannya adalah kurang
menggambarkan secara rinci dan lengkap.
b.
Survei Kepuasan Konsumen
Sistem
keluhan dan saran kadang-kadang dirasakan tidak memadai, karena tidak
menggambarkan secara engkap kepuasan dan kekecewaan konsumen. Berdasarkan
penelitian ternyata banyak konsumen yang merasa kecewa atau tidak puas terhadap
suatu produk atau pelayanan tidak menyampaikannya melalui kotak saran yang
telah disediakan. Beberapa konsumen mungkin merasa bahwa keluhannya tidak akan
berlanjut atau banyak yang tidak ditanggapi. Kelebihan sistem ini adalah
menggambarkan keluhan dan kepuasan konsumen secara lengkap karena beberapa buah
pertanyaan telah direncanakän dan dipersiapkan secara matang, misalnya dalam
bentuk wawancara atau kuesioner.
3.
Memaksimumkan Pilihan
Sistem
pemasaran juga dipercaya akan menyebabkan timbulnya beranekaragam produk, baik
itu produk dan satu produsen, maupun produk dan para pesaing. Dengan adanya
beraneka ragam produk maka konsumen atau pembeli memiliki kekuatan adu tawar
(bargaining power) yang lebih tinggi. Konsumen berhak memilih produk mana yang
ia sukai sesuai dengan keinginan dan daya beli masing-masing.
4.
Memaksimumkan Kualitas Hidup
Tujuan
pemasaran yang meningkatkan kualitas hidup merupakan tujuan yang bernilai bagi
sistem pemasaran. Dengan adanya sistem pemasaran, kualitas, persediaan, dan
harga barang akan lebih berkembang yang pada akhirnya akan meningkatkan
kesejahteraan atau kualitas hidup masyarakat.
No comments:
Post a Comment