PENGERTIAN
PASAR
Sebelum
kita menelaah istilah pemasaran atau manajemen pemasaran ada baiknva kita
telusuri dulu satu persatu kata yang membentuk istilah/konsep pemasaran
tersebut, Karena akar kata dan konsep pemasaran tersehut berasal dan kata dasar
pasar, maka kita mulai saja dan pengertian konsep dasar tersebut. Pada mulanya
pasar diartikan sebagai tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. Kemudian
pengertian pasar berkembang menjadi keseluruhan permintaan barang atau jasa
oleh pembeli-pembeli potensial. Pengertian pasar yang lebih luas diberikan oleh
Philip Kotler sehagai berikut Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang
memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu serta mau dan mampu turut dalam
pertukaran untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan itu.
Kalau
satu pihak lehih aktif mencari pertukaran daripada pihak lain, maka pihak
pertama disebut sebagai pemasar dan pihak lainnya adalah pembeli. Pemasar
adalah orang yang mencari sumberdaya dari orang lain dan mau menawarkan sesuatu
yang bernilai untuk itu. Pada sisi lain pembeli juga bisa berlaku sebagai
pemasar. Misalkan jika beberapa orang pembeli ingin bersaing memperebutkan
suatu barang yang akan dijual oleh seorang penjual. Para pembeli di sini
berupaya memasarkan dirinya untuk menarik perhatian si penjual sehingga penjual
tersebut mau memilih bertransaksi dengan para calon pembeli tersehut. Jadi
bukan hanya penjual saja yang melakukan pemasaran, akan tetapi pembeli juga
bisa berlaku sebagai pemasar dan melakukan pemasaran. Apabila kedua belah pihak
sama-sama aktif dalam pertukaran keduanya dapat dianggap sebagai pemasar, di
sini terjadi apa yang disebut pemasaran timbal balik. Berkaitan dengan hal
tersebut ada dua istilah pasar, yaitu pasar penjual dan pasar pembeli. Pasar
penjual adalah pasar dimana penjual mempunyai lebih banyak kekuasaan dan pembeli
harus menjadi pemasar yang lehih aktif. Pasar pembeli adalah pasar dimana
pembeli mempunyai lebih banyak kekuasaan dan penjual harus menjadi pemasar yang
lebih aktif.
A.
Pengertian dan konsep inti Pemasaran
Pasar
adalah hasil dan kegiatan atau proses yang dinamakan pemasaran. Jadi dengan
kata lain pemasaran adalah kegiatan manusia dalam hubungannya dengan pasar.
Dalam arti sempit pemasaran sering diartikan sebagai kegiatan menyalurkan atau
mendistribusikan barang/jasa kepada konsumen. Pengertian pemasaran dalam arti
luas salah satunya adalah seperti apa yang dikemukakan oleh Philip Kotler
sebagai berikut: Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dimana individu
dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan,
penawarkan produk yang bernilai satu sama lain.
Manajemen
pemasaran berasal dan dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Pengertian
manajemen pemasaran tersebut merupakan pengertian gabungan dan dua pengertian
kata tersebut. lstilah manajemen secara sederhana sering diartikan sebagai
pengelolaan, pengaturan, pembinaan, penataaan, dan istilah-istilah lainnya.
Pengertian manajemen secara luas (definisi) sangat banyak sekali, tetapi dan
definisi-definisi yang ada tersebut secara garis besar memiliki unsur-unsur
yang hampir sama. Manajemen secara secara umum diartikan sebagai suatu proses
yang di dalamnya secara garis besar tercakup fungsi-fungsi perencanaan,
pengorganisasian, penggerakkan, pengawasan, dan pengevaluasiaan. Atau secara
sederhana fungsi-fungsi tersebut dikatagorikan ke dalam perencanaan,
pelaksanaan, dan pengawasan.
Salah
satu pengertian manajemen pemasaran adalah seperti yang dikemukakan oleh Philip
Kotler yang mengutip definisi yang digunakan oleh Persatuan Pemasaran Amerika
sebagai berikut: Manajemen Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan
dan perwujudan, pemberian harga, promosi, dan distribusi dan barang-barang,
jasa, dan gagasan untuk menciptakan pertukaran dengan kelompok sasaran yang
memenuhi tujuan pelanggan dan organisasi.
Definisi
lain yang senada dikemukakan juga oleh Kotler dan Gary Amstrong yaitu sebagai
berikut: Manajemen Pemasaran adalah analisisis, perencanaan, pelaksanaan, dan
pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan
mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan
maksud untuk mencapai sasaran organisasi. Manajemen pemasaran diperlukan dalam
proses pertukaran, karena proses tersebut memerlukan banyak tenaga dan
keterampilan. Bagaimana mengelola atau mengatur kegiatan, keterampilan, tenaga,
dan sumberdaya, dan aspek-aspek lainnya yang diperlukan akan sangat menentukan
berhasil atau tidaknya organisasi mencapai sasaran dan tujuan pemasaran.
No comments:
Post a Comment