A.
Pengertian dan konsep inti Pemasaran
Pasar
adalah hasil dan kegiatan atau proses yang dinamakan pemasaran. Jadi dengan
kata lain pemasaran adalah kegiatan manusia dalam hubungannya dengan pasar.
Dalam arti sempit pemasaran sering diartikan sebagai kegiatan menyalurkan atau
mendistribusikan barang/jasa kepada konsumen. Pengertian pemasaran dalam arti
luas salah satunya adalah seperti apa yang dikemukakan oleh Philip Kotler
sebagai berikut: Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial dimana individu
dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan,
penawarkan produk yang bernilai satu sama lain.
Manajemen
pemasaran berasal dan dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Pengertian
manajemen pemasaran tersebut merupakan pengertian gabungan dan dua pengertian
kata tersebut. lstilah manajemen secara sederhana sering diartikan sebagai
pengelolaan, pengaturan, pembinaan, penataaan, dan istilah-istilah lainnya.
Pengertian manajemen secara luas (definisi) sangat banyak sekali, tetapi dan
definisi-definisi yang ada tersebut secara garis besar memiliki unsur-unsur
yang hampir sama. Manajemen secara secara umum diartikan sebagai suatu proses
yang di dalamnya secara garis besar tercakup fungsi-fungsi perencanaan,
pengorganisasian, penggerakkan, pengawasan, dan pengevaluasiaan. Atau secara
sederhana fungsi-fungsi tersebut dikatagorikan ke dalam perencanaan,
pelaksanaan, dan pengawasan.
Salah
satu pengertian manajemen pemasaran adalah seperti yang dikemukakan oleh Philip
Kotler yang mengutip definisi yang digunakan oleh Persatuan Pemasaran Amerika
sebagai berikut: Manajemen Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan
dan perwujudan, pemberian harga, promosi, dan distribusi dan barang-barang,
jasa, dan gagasan untuk menciptakan pertukaran dengan kelompok sasaran yang
memenuhi tujuan pelanggan dan organisasi.
Definisi
lain yang senada dikemukakan juga oleh Kotler dan Gary Amstrong yaitu sebagai
berikut: Manajemen Pemasaran adalah analisisis, perencanaan, pelaksanaan, dan
pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan
mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan
maksud untuk mencapai sasaran organisasi. Manajemen pemasaran diperlukan dalam
proses pertukaran, karena proses tersebut memerlukan banyak tenaga dan
keterampilan. Bagaimana mengelola atau mengatur kegiatan, keterampilan, tenaga,
dan sumberdaya, dan aspek-aspek lainnya yang diperlukan akan sangat menentukan
berhasil atau tidaknya organisasi mencapai sasaran dan tujuan pemasaran.
No comments:
Post a Comment